12.04.2008

Kecurangan Akademis

Hari itu masih seperti hari-hari lain. Hari-hari yang selalu diselingi oleh ujian di malam hari. Memang Mesin seperti sudah trademark kalau mengadakan ujian adalah di malam hari atau di hari Sabtu.
Saya duduk di deretan paling depan di 4101 bersama Hendro dan Lukman. Berdasarkan pengalaman, kalau duduk di depan biasanya tidak terlalu diperhatikan sehingga tukar menukar jawaban akan lebih mudah. Malam itu saya ujian Praktikum SSM. Soalnya bisa dikategorikan susah dan durasi yang diberikan selama ujian sangat lama, 3 jam! Soalnya susah terus 3 jam, saya sudah bingung mau mengisi lembar jawaban dengan tulisan apa. Saya isi seadanya saja.
Hendro menyodorkan kertas kosong ke saya. Ada enam soal yang ia ingin tanyakan jawabannya. Mengingat saya menjawab seadanya, tentu saja saya isi kertas kosong itu dengan jawaban-jawaban pendek seadanya walaupun tertulis jelas di lembar soal bahwa setiap jawaban harus DIJELASKAN!
Semuanya biasa saja, sedikit ribut karena semuanya saling menanyakan jawaban. Sudah saya bilang, soalnya SUSAH. Dua puluh menit sudah berlalu ketika Hendro menyodorkan kertas kosong itu kepada saya. Hendro berinisiatif menanyakan jawaban lagi ke Lukman, di kertas yang sama. Ia sodorkan kertas tadi. Sayang sekali, Lukman terlalu lama untuk merespon dan dengan sedikit kaget, kertas itu terlihat oleh pengawas dan diambil sebagai barang bukti. Namun anehnya kami bertiga hanya tenang2 saja.
Kami bertiga setelah ujian diproses di lab. Logam oleh asisten2. Mereka menyarankan agar kami mengulang lagi mata kuliah itu. Gila, cuma 1 sks terus praktikum pula. Banyak waktu yang termakan karena praktikum SSM tersebut. Jika benar2 mereka akan meng-nol kan nilai saya, kepalan tangan saya sudah siap untuk tertuju ke muka mereka satu2. Serius!
Ternyata jalan tengah yang kami ambil adalah mengaku ke Pak Adit selaku dosen mata kuliah tersebut kalau kami bertiga bekeja sama. Awalnya jantung kami dag-dig-dug karena takut beliau akan tidak meluluskan kami. Sudah banyak bahsa baku yang kami siapkan ketika akan berbicara dengan beliau.
Jam setengah sepuluh pagi kami bertemu beliau dan dengan bahasa baku tersebut kami mengaku. Ternyata, entah apakah beliau lagi good mood, beliau hanya maklum dan menasehati kami seadanya. Beliau tahu posisi kami. Beliau juga pernah mahasiswa. Kami hanya disuruh ujian ulang. Huh! Lega, tidak kebayang kalau harus mengulang lagi tahun depan!

0 shadows: