8.21.2008

Seperti Ilmu Padi

Seperti Ilmu Padi…

Kemaren aku ikut seminar Nissan Technology Square di Mal Kelapa Gading 5. Aku berangkat dari bandung, dari kampus sekitar jam 11-an. Yah kira-kira menempuh 3 jaman lah sampe ke sana. Ketika baru menjejakkan kaki di tempat seminar, sudah ditunggu oleh panitia dari Nissan Motor dan mahasiswa Teknik Mesin dan Teknik Industri Universitas Tarumanegara. Aku yang bersama rombongan HMM dan KMPN ITB plus dua dosen masuk dengan sedikit g enak karena terlambat. Ternyata keterlambatan kami sudah dimaklumi oleh panitia.
Seminar dimulai kira2 jam 2 lewat dikit. Dimulai dengan persentasi dari Vice presidentnya Nissan Motor Jepang. Gila gak tuh! Namanya Pak Hideyuki SAKAMOTO. Dengan menggunakan bahasa inggris plus logat jepang yang sangat kentara, beliau menjelaskan panjang lebar mengenai perkembangan Nissan Motor dari tahun ke tahun. Beliau juga memperkenalkan direktur utama Development technology Center South East Asia.
Dilanjutkan dengan persentasi dari bapak Takahiko UCHIMURA, senior mangaer Technology Marketing nya Nissan Motor. Juga dengan bahasa inggris plus logat jepang yang kental beliau menjelaskan teknologi2 terbarunya Nissan Motor.
Agak membosankan karena bahasa inggris para petinggi2 Nissan Motor terkadang agak sulit dimengerti. Tapi banyak hal 2 yang menarik untuk diketahui. Seperti teknologi safety nya Nissan di mobil2 keluaran terbarunya. Bayangin, sekarang mobil2 terbarunya Nissan akan mengerem sendiri apabila di depannya ada mobil lain. Ini disebabkan adanya teknologi sensor yang menyebabkan pedal rem akan terinjak otomatis ketika sensor tersebut terpantul ke mobil. Keren kan! Trus ada teknologi baru di mana ketika kita menginjak rem, maka safety belt akan sedikit mengencang yang menghidari guncangan ke depan si pengemudi. Juga ada teknologi Intersection. Jadi sensor pada mobil akan memberi perintah otomatis apabila ketika di persimpangan sensor mendapati ada mobil lain yang akan melintas. Juga teknologi alarm yang berbunyi ketika mobil kita keluar dari line jalan yang seharusnya. Teknologi ini terletak pada camera yang terpasang pada kaca spion. Sangat terlihat bahwa Nissan Motor sangat mengutamakan keselamatan pengemudi.
Semua mobil terbarunya Nissan, apabila tabrakan terjadi, maka kerukan akan menjalar dari depan langsung ke belakang dengan getaran yang diidealkan harmonis. Sehingga membuat pengemudi lebih aman walaupun tetap ada impact yang dirasakan pengemudi. Namun sayangnya semua teknologi Nissan yang keren2 tersebut tergolong sangat mahal dan baru dipasarkan di Jepang dan USA. Semua teknologi tersebut juga hanya terpasang pada varian terbaru mobil2 Nissan, tidak bisa di modifikasi dari mobil2 yang lama.
Ada satu inovasi dari Nissan yang membuat peserta terkagum-kagum yaitu diluncurkannya concept Pivo2. Kendaraan ini sangat unik dari sisi desain dan canggih dari sisi engine. Pintu masuk dari depan. Tempat duduk untuk 3 orang yang diletakkan sejajar jadi dari samping deperti mobil dengan dua pintu. Dengan stir namun sudah banyak pengendali otomatis. Kendaraan yang ditenagai dengan batere di bagian chasis bawahnya ini dapat memutar rodanya ke segala arah sehingga memudahkan kita ketika parker. Desain seperti kancil yang unik namun futuristic sangat manis. Para peserta seminar sangat heboh ketika membicarakan pivo2 begitu juga aku.
Setelah seminar selesai dibuka sesi tanya jawab. Awalnya agak sepi yang mau bertanya. Namun setelah tau bahwa penanya mendapat kaos keren dari panitia, penanya langsung menjamur. Ntah haus akan jawaban atau haus akan baju kaos.
Sehabis sesi tanya jawab, kami dihantarkan ke pameran teknologi Nissan Motor g jauh dari tempat seminar. Di sana aku sangat tertarik dengan prototype pivo2. Ketika melihat2, pak UCHIsan menghampiri dan pecahlah keheningan di sana. Aku dengan lahap bertanya kepada beliau. Yang g disangka2, ternyata beliau menjawabnya dengan hangat sekali, serasa beliau bukan senior manajernya Nissan Motor. Tanpa canggung aku melontarkan pertanyaan2 yang dari tadi tertahan oleh rasa kagum ku pada beliau.
Ketika aku melihat2 sistem brakingnya Nissan yang baru, aku melihat pak Sakamoto berdiri di sana. Orangnya sangat kocak. Juga g nyangka kalo orang yang pangkatnya udah setinggi beliau masih menjawab pertanyaan2 dengan ramah dan humor. Yah walaupun dengan logat yang sedikit aneh.
Setelah selese acara, masi terbayang bagiku orang yang sudah sukses seperti mereka bersikap sangat ramah dan hangat. Seperti padi, makin berisi makin merunduk. Tidak seperti orang2 zaman sekarang yang makin ‘berada’ makin sombong. Sayang aku lupa untuk berfoto bareng beliau2. Padahal dokumentasi tersebut bisa menjadi motivator yang sangat bagus. Sperti beliau2, dengan ilmu, kekayaan, kesuksesan, bukan alasan untuk menjadi angkuh namun alasan untuk tetap ramah dan berbagi kepada yang lain. Arigato SAKAMOTOsan! Arigato UCHIMURAsan!

0 shadows: