8.31.2008

Nikah Muda?

“ love hurts, but sometimes it’s a good hurt and it feels like I’m alive…”

Sepenggal liriknya Love Hurts yang dinyanyiin Incubus seperti ngingetin kita kalo yang namanya cinta itu emang bikin sakit tapi sakitnya itu adalah aliran listrik tegangan tinggi yang tergroundkan alias setruman yang membuat kita terjaga dan menyadarkan bahwa kita masih hidup. Masalahnya g semua orang ketika di”setrum” oleh cinta malah merasa masi hidup, banyak yang malah memilih untuk menyendiri, depresi, bahkan bunuh diri.
Sebenarnya sekarang aku g akan permasalahin yang namanya cinta maklum aku g terlalu melankolis-romantis-puitis banget. Yang ingin aku floorin di sini, masalah nikah muda ketika masi kuliah atau baru tamat tapi dari sudut pandang seorang cowok.
Aku punya temen (kalo g ada keterangan gendernya, asumsikan gendernya cowo maklum anak Mesin, hahahahaha) yang pengen nikah muda. Katanya kalo kita nikah muda, kita g perlu lagi capek-capek ngecengin cewe atau dengan kata lain udah focus ke satu orang cewe aja. Terus dengan tidak terbuangnya waktu untuk ngecengin cewe, maka kalo pas kuliah kita bisa focus belajar alias IP bisa menanjak kalo tadinya jelek. Langsung banyak kan temen aku yang laen yang nanggepin. Ada yang naggepin:
1. Wah gila juga lu, emang ntar istri ga perlu makan apa, makan CINTA!
2. Justru karena masi muda, emosi masi labil, ntar malah gampang kegoda cewe laen, yang namanya nikah tu bukan maen-maen lho!
3. Gua stuju ma pendapat lu tentang nikah muda, tapi lu inget g kewajiban suami? Nafkahin istrinya oy, untung-untung kalo istri lu ntar ngerti, kalo kagak?
4. Waduh elu, emang ada ya orang tua yang ngelepasin anaknya nikah ama cowo yang belum bisa ngasi nafkah lahir batin bwt anaknya?

Untuk 5, 6, 7, dan sterusnya naggepinnya mirip-mirip lah. Pada banyak yang negative alias kurang setuju atau malah g setuju.
Kalo menurut diri pribadi sih, ya g papa kalo nikah muda asal dua pihak uda setuju. Tapi aku masih condong ke kurang setuju. Masalahnya ya jelas tentang memberi nafkah lahir batin. Bukan menjudge kalo cewe sekarang pada materialistis, tapi lebih berpikir logis kalo yang namanya nafkah bukan hanya cinta dan kasih sayang, tapi juga aspek lain untuk keberlangsungan hidup. Sperti kata Aa’ Gym,
G perlu materi berlimpah tetapi yang diperlukan adalah ketika kkita butuh, yang kita butuhkan ada.
Sekali lagi, bukan menjudge kalo cinta itu bullshit, aku masih percaya kok dengan yang namanya kekuatan cinta. Emang kalo katanya lirik Slank yang bilang miskin punya cinta trus bahagia lebih baik daripada kaya harta tapi sengsara kayak KORUPTOR. Sudut pandang yang aku ambil di sini adalah sudut pandang ketika menghindari seorang suami untuk membiarkan istrinya terlantar apalagi ntar kalo punya anak. Pak Zainal, dosen Kurtek, pernah bilang
Kalo mau bikin usaha alias berwirausaha langsung sehabis tamat kuliah buat anda yang kaya itu g masalah. Tapi buat anda-anda yang menengah apalagi yang miskin lebih baik jangan. Kenapa? Sebuah wirausaha pasti awalnya memiliki gradient negative terlebih dahulu baru nanti pada gradient nol akan trus ke gradient positif. Buat yang kaya, kondisi gradient negative bisa dengan mudah tidak menyentuh nilai fungsi negative dengan memberi konstanta awal alias pundi-pundi uang yang berlebih. Namun buat anda-anda yang menengah atau miskin, nilai fungsi negative yang akan anda alami bisa membuat anda stress. Okelah jika anda ambisius bisa menahan lapar, tapi bagaimana dengan istri anda? Tidak masalah jika istri anda mengerti keadaan anda dan bisa menahan lapar, tapi bagaimana dengan anak-anak anda?
Alangkah lebih indahnya jika kita mendapatkan istri yang mengerti dengan keadaan kita, namun kita juga sebagai calon suami juga g boleh lepas tanggung jawab dengan berpikiran bahwa seorang istri pasti mengerti. Berpikirlah worst case yang akan terjadi dengan tidak melupakan optimisme. Cinta memang indah, cinta memang sakit namun buatlah keindahan cinta sebagai obat rasa sakit cinta.

0 shadows: